Menegakkan Keadilan dengan Cara Ekstrim di Dunia

Posted by: Unknown in , ,

Di era modern seperti ini banyak negara yang sudah menerapkan hukuman atas kejahatan dengan cara yang manusiawi. Namun, tidak sedikit juga yang masih menggunakan tradisi turun temurun untuk menyelesaikan suatu perkara, dimana tradisi ini melibatkan serangkaian cara yang terbilang kejam dan mengerikan untuk sebagian orang.


  1.  TOGO

     


          Di bagian utara Togo, lebih tepatnya di pedasaan Kaboo, ada cara yang ekstrim untuk membuktikan kebenaran. Masyarakat disana percaya pot yang berisi minyak mendidih merupakan hakim yang paling tepat untuk membuktikan siapa yang salah. Dimana minyak itu akan membakar mereka yang bersalah dan membiarkan yang benar. Pertama-tama, seorang pendeta dan dukun setempat akan memipin berjalannya ritual ini. Lalu, pendeta akan menyiapkan air suci yang didalamnya terdapat dua buah cincin besi. Orang yang "menuduh" dan "dituduh" diharuskan untuk mengambil cincin besi yang sudah dimasukkan ke dalam pot berisi minyak yang sudah mencapai titik didih puncaknya secara bergantian. Ritual ini bisa dilaksanakan dimana saja, tetapi harus di tempat dimana masyarakat sekitar bisa menyaksikannya.




      2.   ALBANIA

 
Masyarakat di Albania memiliki tradisi seperti ini sejak enam abad yang lalu, tradisi ini berpedoman pada kitab undang-undang kuno yang bernama The Kanuni. Menurut kita tsb. suatu hinaan terhadap kehormatan tidak dapat dimaafkan.


     "Ku bunuh diri mu, Kau bunuh diri ku." adalah sebuah kalimat yang tepat untuk menggambarkan keadaan di Albania. Bila ada seseorang yang dibunuh, maka anggota keluarga korban diharuskan membunuh si pelaku atau salah satu anggota keluarganya. Bila tidak, keluarga korban akan menanggung malu yang amat sangat. Berhubung kekuatan hukum di Albania sangat lemah, balas dendam seperti ini masih berlangsung walaupun di ilegalkan.




     3.  HOUSTON



     Melakukan pelanggaran? Kenapa disimpan sendiri kalau publik bisa mengetahuinya. Adalah seorang hakim di Texas yang bernama Ted Poe, beliau membuat suatu hukuman yang tidak biasa bagi mereka yang melanggar peraturan di Texas. Beliau mengharuskan pelanggar membuat papan tanda yang bertuliskan kejahatan yang telah mereka lakukan. Tidak berhenti sampai disitu, para pelanggar juga diwajibkan membawa papan tanda mereka sambil berjalan selama berjam-jam disekitar lokasi kejadian. Banyak hal tidak mengenakkan yang pelanggar alami selama mereka berkeliling dilokasi seperti dilempari kaleng minuman oleh orang yang berlalu-lalang, diludahi, dll.

This entry was posted on Wednesday, June 22, 2016 and is filed under , , . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments

Post a Comment