Makanan dan Minuman yang Terbuat dari Darah

Posted by: Unknown in ,

Terdengar sedikit menakutkan untuk memakan atau meminum sesuatu yang mengandung darah didalamnya, bukan? Well, perlu kamu ketahui bahwa darah bukan hanya kaya akan zat besi yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan tetapi, darah juga dapat menjaga kesehatan tubuh kita, loh. Berikut beberapa makanan dan minuman unik yang menggunakan darah dalam pembuatannya.


    1. Blood Milkshake 
Gambar hanya ilustrasi

        Di Afrika bagian Timur lebih tepatnya di Tanzania, ada suku yang bernama Maasai. Disana, suku Maasai memiliki hidangan unik berupa susu sapi yang telah difermentasikan dalam waktu lama dicampur dengan darah segar yang mereka peroleh dari sapi. Biasanya suku Maasai hanya meminum minuman ini pada saat musim kering, dimana sapi peternakan mereka hanya menghasilkan sedikit susu untuk dikonsumsi. Bagi suku Maasai minuman penyegar ini dapat membuat mereka yang meminumnya dapat bertahan selama duabelas hari tanpa mengonsumsi makanan ataupun minuman yang lainnya.


    2. Black Pudding



        Black pudding atau blood pudding adalah hidangan berbahan dasar darah selanjutnya yang tak kalah unik. Dengan bahan baku berupa darah domba segar, si kenyal hitam yang dilengkapi dengan potongan lemak didalamnya ini adalah salah satu hidangan favorit berbagai kalangan di negara Iceland. Selain itu, black pudding adalah sumber makanan yang kaya akan zat besi.


    3. Blood Meringue




       Meringue adalah sebuah makanan penutup yang terbuat dari putih telur kocok dan gula, terkadang ditambahkan dengan bahan makanan yang bersifat asam seperti lemon. Namun, ada yang sedikit berbeda dalam pembuatan blood meringue dibanding pembuatan meringue pada biasanya. Dalam pembuatan blood meringue tidak menggunakan telur samasekali, maka dari itu darah-lah yang menjadi bahan penggantinya. Bukan hanya memiliki kandungan protein yang hampir sama dengan telur, darah bersifat rendah lemak dan kaya akan zat besi.

     Karena kandungan darah yang hampir menyerupai telur, darah juga dapat dijadikan sebagai salah satu bahan makanan untuk membuat berbagai macam kue dan Ice Cream. Menarik, bukan?



  4. Luu



 
      Luu adalah makanan khas yang berasal dari negara Thailand. Luu sendiri memiliki begitu banyak variasi, tetapi yang akan saya bahas disini adalah Luu yang kuahnya terbuat dari darah segar dan tentunya masih mentah (hehe). Biasanya, kuah Luu terbuat dari darah babi yang kemudian dicampur dengan daun serai agar mengurangi bau tidak sedap dari darahnya. Setelah diaduk bersama dengan daun serai dalam waktu yang cukup lama campurkan bumbu olahan cabai yang bernama Naam Phrik Laap dan asinan bawang putih yang dihaluskan, kemudian masukkan campuran darah tadi ke dalam mangkuk yang sudah berisi daging sapi cincang.

Taburkan daun jeruk, bawang goreng, dan beberapa jeroan goreng yang renyah diatasnya. Luu siap dinikmati!



Bagaimana? Tertarik untuk mencicipi hidangan-hidangan unik diatas? Kalau saya sih, tidak terimakasih. Hehehe...

This entry was posted on Sunday, January 01, 2017 and is filed under , . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments

Post a Comment