Belajar Jadi Penulis di #KataDepanMenulis part 2

Posted by: Unknown in ,

Sesuai janji gue sebelumnya di Belajar Jadi Penulis di #KataDepanMenulis ini lah dia bagian keduanya! Selamat membaca semuanya



Sumber: @hutamedia

Di acara "Menulis karena Cinta, Menulis karena Suka" ini, ada juga peresmian meluncurnya buku karangan Kak @crowdstroia yaitu Nona Teh dan Tuan Kopi . Sebelum peresmian buku ini di umumkan, Kak @crowdstroia sempat menjawab beberapa pertanyaan dari peserta yang hadir minggu lalu.

"Alasan aku milih Wattpad sebagai platform untuk mempublikasikan karya ku adalah disini (Wattpad) pembaca bisa dengan mudah berkomunikasi dengan penulis atau bahkan penulis dengan penulis. Di platform ini juga pembaca bisa melakukan in-line comment yang belum tentu bisa dilakukan di platform yang lain." Begitu katanya.





Oh iya, sebagai bagian dari pelatihan menulis para peserta diberikan instruksi untuk membuat tulisan berupa apa aja yang menggunakan kalimat di stik sebagai kalimat pembuka atau awalan tulisan. Stik dipilih secara acak yang kalimatnya ditulis oleh peserta lain.

Karena instruksinya membuat tulisan berupa apa aja, gue mikirnya tulisan yang dibuat nantinya ngga harus berbentuk seperti cerpen atau ala-ala novel gitu (yang tokoh dan alur ceritanya jelas + berkembang). Alhasil gue buatlah puisi yang bunyinya kaya gini ini


"Menunggu seseorang di ujung jalan. Waktu terus berlalu bersama orang-orang yang berlalu lalang di hadapan, menunggu tanpa kepastian apakah si dia 'kan datang. "Agh!" jerit si kaki dan si hati yang telah lama berdiri dan menahan malu karena menunggu sendiri. 

Sendiri disini, di ujung jalan. Kapan kah si dia 'kan datang? Hanya Tuhan dan si dia yang punya jawaban..."

Ketika MC bertanya siapa yang berkenan untuk membacakan hasil tulisan mereka didepan, gue dengan senang hati mengangkat tangan (padahal gemeteran + dag dig dug jantung rasanya). 

Mungkin pas gue bacain puisi didepan gue kecepetan dan jadinya ngga jelas sebenernya gue ngomong apa (hahahaha). Akhirnya pas gue balik ke tempat duduk Mbak Gita selaku editor dari penerbit katadepan membacakan ulang tulisan gue tadi...

"Manis tapi, belum jelas sebenarnya ini ada tokohnya apa ngga. Kurang berkembang dan masih terfokus di 'Menunggu di ujung jalan'." Begitu kira-kira kata Mbak Gita... Ya, gimana pun respon dari sang editor gue tetep seneng karena berkesempatan untuk langsung dinilai karyanya.


Dan gue pun mendapatkan satu goodie bag lagi dari penerbit katadepan karena udah maju ke depan tadi. Isinya sama persis kaya goodie bag yang sebelumnya udah gue ceritain di Belajar Jadi Penulis di #KataDepanMenulis, yaitu satu notebook imut bertuliskan "Karena Membaca Selalu Membuatmu Bahagia"




Sumber: @hutamedia
Seperti biasanya, sebelum peserta benar-benar bubar ada sesi foto bersama dulu. Can you spot me in there?



Begitu lah pengalaman menarik gue selama acara #KataDepanMenulis ini. Terima kasih pembaca semua



This entry was posted on Tuesday, March 21, 2017 and is filed under , . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

0 comments

Post a Comment